INFO MOTOGP 2009 : GP Inggris, Andrea Dovizioso Kemenangan Yang Pertama

Andrea Dovizioso meraih kemenangan ke-1nya di ajang MotoGP. Itu dia capai di MotoGP Inggris yang kebetulan akan digelar terakhir kalinya di Donnington Park.

Balapan, Minggu (26/07/2009), itu sendiri tidak lepas dari insiden terjatuhnya sejumlah balapan yang sebelumnya tampil menjanjikan. Tony Elias yang saat start langsung melaju ke depan jadi yang ke-1 jatuh dari montor dan tak bisa melanjutkan balapan.

Hanya sesaat kemudian, Jorge Lorenzo yang tengah memimpin balapan juga terjatuh. Dia sempat menghampiri montornya hanya untuk menemukan bahwa montornya sudah rusak sehingga tak bisa melanjutkan balapan.

Kemudian giliran Valentino Rossi yang jatuh. Tengah memimpin balapan dan dibayangi Dovizioso, Rossi jatuh kendati dia masih bisa melanjutkan balapan. Namun, Rossi yang melorot ke posisi 11 pada akhirnya hanya bisa finis di posisi 5.

Jatuhnya Rossi adalah berkah buat Dovizioso. Setelah berhasil memimpin balapan usai insiden itu, dia pun menjaga terus posisi satu akhirnya finis paling ke-1.

Untuk pembalap Italia kelahiran 23 tahun silam tersebut, ini adalah kali ke-1 dia menjejak podium ke-1 kelas MotoGP. Baru musim lalu Dovizioso memulai karirnya di kelas ini.

Jalannya Balapan

Di awal balapan, Valentino Rossi melaju memimpin. Sementara itu Jorge Lorenzo sudah menantang Dani Pedrosa dan melewatinya untuk membuntuti Rossi.

Toni Elias yang start kedelapan sementara itu langsung merangsek ke depan dan menempel Lorenzo dan Rossi. Posisi satu lantas diambil alih Lorenzo dari Rossi, meski tak lama kemudian Elias ganti menjadi pembalap terdepan.

Di akhir lap ke-1, Elias memimpin balapan diikuti oleh Lorenzo dan Rossi. Sementara Andrea Dovizioso dan Dani Pedrosa menguntit mencari celah.

Dovizioso mendapatkan celah itu dan kemudian terus melaju ke depan dan sementara memimpin balapan. Di belakangnya kini terdapat Lorenzo. Pedrosa sementara itu juga sudah memperbaiki posisi, sedangkan Elias kini turun ke posisi empat.

Lorenzo mengambil alih posisi terdepan dari Dovizioso! Dengan 26 lap sisa, pertarungan di Donnington Park tampaknya akan terus berjalan sengit, dengan Lorenzo masih memimpin balapan diikuti Dovizioso dan Pedrosa.

Dengan 24 lap tersisa, lima pembalap terdepan mulai melebarkan jarak dari pembalap di belakangnya. Lorenzo masih di depan, dikuntit Dovizioso, Pedrosa, Rossi dan Elias.

Rossi melewati duo Honda! Dalam waktu singkat, Rossi kini ada di posisi ke-2 menguntit Lorenzo usai melewati Pedrosa kemudian Dovizioso. Masih 23 lap tersisa.

Elias terjatuh! Laju apik yang ditunjukkan Elias tampaknya harus berakhir setelah tujuh lap. Motornya sempat terlihat goyang sebelum akhirnya dia terpelintir ke luar lintasan. Randy de Puniet kini mengisi posisi lima.

Gantian Lorenzo terjatuh! Masih bisa bangun, dia langsung berusaha menghampiri montornya untuk kembali melaju. Tapi montornya tampak sudah rusak. Setelah sembilan lap, Lorenzo pun kandas dengan posisi ke-1 kini diisi Rossi.

Rossi pun kini memimpin balapan dengan Dovizioso tak jauh berada di belakangnya. De Puniet dan Pedrosa sementara itu sengit bertarung berebut posisi tiga.

Masih 15 lap lagi, Rossi masih terus dibayangi Dovizioso. Cukup jauh di belakang mereka, ada De Puniet yang silih berganti mengisi posisi tiga dengan Pedrosa.

Rossi jatuh! Dengan 11 lap tersisa, Rossi yang dikuntit Dovizioso terjatuh dan berakhir di tepi lintasan meski dia langsung bergegas mendirikan montornya dan melaju lagi. Dovizioso kini mengambil alih posisi pimpinan dan Rossi pun melorot beberapa posisi ke belakang.

Dengan tujuh lap lagi, Dovizioso memimpin balapan sementara Rossi ada di posisi 11, berusaha memperbaiki posisi. De Puniet sementara itu ada di posisi ke-2, diikuti Colin Edwards dan Alex de Angelis. Pedrosa sendiri melorot ke posisi lima.

Tiga lap sisa, De Puniet diasapi Edwards yang terus ngebut memburu Dovizioso dengan jarak kurang dari ke-2 detik. Ketiganya hanya terpaut tipis dan apapun masih bisa terjadi.

De Puniet melewati Edwards lagi untuk ada di posisi ke-2. Rossi sementara itu sudah ada di tempat keenam, dengan ke-2 lap tersisa.

Pada akhirnya, Dovizioso tak tertahankan keluar jadi pemenang. Rossi sementara itu finis di posisi lima.
thumbnail
Title: INFO MOTOGP 2009 : GP Inggris, Andrea Dovizioso Kemenangan Yang Pertama
Rating: 100% based on 99998 ratings. 5 user reviews.
Author: Riki handoyo

Artikel Terkait Andrea Dovizioso, News :

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © 2013. About - Sitemap - Contact - Privacy